Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Kota Surabaya

Posted on

Indonesia, sebagai Negara dengan sebutan seribu pulau punya banyak kota-kota menarik. Malah kayaknya gak ada deh kota yang ga menarik deh, karena semua punya ciri khas dan kebudayaan masing-masing.

Ada banyak kota-kota gede yang jadi daya tarik turis kalau ke Indonesia salah satunya adalah Surabaya. Untuk orang yang suka nyobain hal-hal baru, kayaknya wajib deh kesini.

Apa coba yang ga ada di Surabaya? Mulai dari kuliner, tempat hiburan sampe tempat yang penuh sejarah juga ada loh di sana.

Walaupun terkenal sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia, tapi nih penataan jalan disana itu keren loh.

Di jalan nih ya, kamu pasti bakal selalu liat banyak tumbuhan hijau di pinggir jalan yang sengaja di tanem pemerintah daerah Surabaya. Jadi yah they already did their best! tapi emang mataharinya nih yang teriknya kurang ajar kalau di sana.

Kalau kamu punya rencana untuk dateng ke Surabaya, cobain deh Rujak Cingur bumbu petis. Dih, masih awal udah makan duluan ya. Tapi seriusan, cobain deh ga bakal nyesel pastinya.

Atau nih ya kalau ga suka rujak cingur, kamu bisa nyobain lontong balap, tahu tek, mie pecun, wah gila ini mah dibahas doang udah bikin ngiler.

Nah karena sekarang museum date lagi happening banget di TikTok nih, kamu bisa loh nyoba sekali-kali ke Museum 10 November yang ada di Jalan Pahlawan. Jadi jangan museum date yang art museum doang, coba sekali-kali ke tempat yang penuh sejarah dong.

Ayolah, daripada pacaran di pinggir jalan kayak cabe-cabean mending ajak pasanganmu untuk inget bagaimana pahlawan kita  berdarah-darah biar Indonesia merdeka!

Atau nih, kamu bisa nyoba ke Museum Sampoerna. Iya, Sampoerna merk rokok itu punya museum loh yang letaknya di Jalan Taman Sampoerna 6. Bangunannya khas banget deh ala kolonial belanda gitu, bisa banget nih jadi spot foto buat instagram kamu. Di sana kamu bisa tahu banyak tuh tentang sejarah rokok di Indoensia. Ini unik banget sih, karena dari masuk pun udah kecium banget bau tembakaunya!

Kalau kamu mau ke tempat yang lebih bersejarah lagi, coba deh ke Masjid Sunan Ampel. Masjid ini letaknya di Ampel, Kecamatan Semampir yang dibangun sejak tahun 1421 oleh Sunan Ampel.

Bersejarah banget kan? ini mah ibu-bapak kita belum lahir  masjidnya udah ada loh. Tapi jangan ke sana bawa pasangan dong, masa ke mesjid bawa pacar ih?

Btw, kalau ke Surabaya, belum afdol dong kalau ga ke Madura lewat Jembatan Suramadu. Jembatan yang sebenernya jalan tol ini panjangnya 5.438 meter dan disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. Tapi kalau kamu kesana hati-hati ya, liat jalan karena ga sedikit loh orang-orang yang berhenti di tengah jalan cuman buat foto-foto doang.

Selain jembatan suramadu, ada lagi dong opsi jembatan yang bisa kamu kunjungin yang ga lain adalah Jembatan Kenjaren Surabaya. Di sana kamu bisa liat air mancur menari loh, keren banget. Jembatan ini menggabungkan Jalan Kenjaren dengan Jalan Ir. Soekarno dan Jalan Laguna.

Tapi kalau kesini usahain dateng sabtu malem ya, karena pertunjukan air mancur yang cahayanya warna warni ini cuman digelar sejam aja. Jadi kalau kamu orang yang apa-apanya lama, kalau janjian sama temen sering telat, mending skip deh, ke suramadu aja soalnya ga keburu.

Sebelum pandemi, pas ke sana aku juga ga lupa ke Tugu Pahlawan Surabaya. Ini walaupun panasnya kayak matahari di atas kepala tapi trivianya keren loh karena tugu ini dibangun untuk mengenang pahlawan yang melawan penjajah pada 10 November 1945.

Terus nih, seakan belum cukup yah panjang, ruas dan lengkung tubuhnya dibangun berdasarkan jumlah angka di tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. How crazy is that?  Kalau mau kesini, kamu bisa ke depan kantor gubernur. Selain tugu ini, di sana kamu juga bisa ngeliat patung-patung para pejuang kita.

Nah, kalau mau kamu adalah pecinta binatang, bisa dong ke Surabaya Zoo yang lokasinya di Jl. Setail No.1,Darmo, Kec. Wonokromo.

Di sana kamu bisa ketemu Kakatua Jambul Kuning,Orangutan Kalimantan, Burung Kakatua Raja, Komodo dan masih banyak lagi. seakan belum cukup, disana juga ada Harimau Sumatera. Wah sebagai pecinta binatang aku kagum banget sih liat dia. Pasalnya sekarang cumin kesisa 600 harimau sumatera di Indonesia makanya mereka-mereka ini sekarang statusnya jadi satwa liat di lindungi. Nah, harimau ini bisa kalian temuin di sana loh.

Tahun 2022 ini, keadaan wisata dan perjalanan sedikit demi sedikit sudah kembali normal. Kalau mau keluar kota kalian udah gaperlu swab PCR lagi loh jadi kalian udah bisa balik jalan-jalan lagi Dengan berbagai ragam macam tempat wisata dan kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Surabaya, tunggu apalagi, yuk ke Surabaya!